6 Tips Keamanan Ketika Menggunakan Wifi Umum pada iPhone, iPad, atau Mac

August 30, 2017
iPhone Mania - Hanya sebagian orang yang tahu bahwa menggunakan Wi-Fi di tempat umum mempunya resiko tersendiri. Tapi kebanyakan lainnya mengabaikannya. Mereka pikir tidak akan ada hal buruk yang terjadi pada mereka. Mereka juga tidak punya suatu file penting untuk disembunyikan. Atau mereka hanya malas untuk mencari tahu betapa resikonya menggunakan Wi-Fi publik.

Mungkin tidak ada pilihan lain karena itu adalah Wi-Fi gratis dan kita tetap membutuhkannya. Pada kasus ini apa yang dapat kamu lakukan?

Pada artikel kali ini, iPhone Mania akan membagikan 6 tips agar lebih aman ketika menggunakan Wi-Fi umum menggunakan device iPhone, iPad atau Mac

1. Hal yang Jangan Dilakukan saat Menggunakan Wi-Fi Umum

Pertama adalah ketika kamu tidak memiliki pilihan lain untuk terkoneksi dengan internet dan kemanan Wi-Fi nya meragukan. Berikut beberapa hal yang sebaiknya jangan kamu lakukan. 

  • Jangan berjualan online
  • Jangan login pada internet banking atau layanan bank lainnya.
  • Jika menemukan suatu website atau form yang meminta data kamu, jangan melanjutkan nya. 
Ketika kamu ingin melakukan transaksi jual beli online atau transfer uang. Sangat disarankan kamu menggunakan data cellular atau biasa disebut hotspot / teathering dari iPhone mu. 

Boleh menggunakan Wi-Fi umum untuk membaca update berita atau mencari informasi tentang suatu hal tanpa berurusan dengan data dirimu. 

2. Gunakan VPN

Gunanya adalah untuk melindungimu saat beraktifitas di dunia online dari mata-mata atau serangan cyber jarak dekat.  

Jaringanmu akan terenskripsi secara aman menggunakan server VPN yang kamu gunakan.dan ketika ada orang yang ingin melihat aktivitas, mereka tidak dapat melakukannya. 

Install aplikasi VPN dari perangkat mu baik itu iPhone, iPad, ataupun Mac dan aktifkan. Untuk Device iOS kamu butuh untuk mengaktifkan sebuah profil untuk layanan ini di Settings.

Lalu lintas internetmu sekarang akan dienkripsi dan diarahkan melalui jaringan yang aman (server dari layanan VPN yang kamu gunakan) dan seseorang yang mencoba memonitor aktivitasmu sulit untuk melihat atau memata-matai.

Tapi tentu saja, tingkat keamanan yang kamu miliki bergantung pada jenis layanan VPN yang digunakan. Sangat disarankan menggunakan layanan VPN yang berbayar atau premium, dan yang tidak menyimpan log itu sendiri. Jika kamu menggunakan layanan VPN gratis yang tidak dapat dipercaya, maka bisa jadi VPN tersebut juga menggunakan datamu untuk keperluan lain. 

Jika kamu belum bisa membayar, sebaiknya gunakan TunnelBear atau Opera.

iPhone Mania - 6 Tips Keamanan Ketika Menggunakan Wifi Umum pada iPhone, iPad, atau Mac

Pilihan terbaik adalah layanan VPN premium yang biasanya dibayar perbulan. Berikut beberapa aplikasi rekomendasi dari iPhone Mania:



Salah satu keunggulan lain dari penggunaan VPN adalah kamu bisa mendapatkan koneksi proxy dari berbagai. Sehingga kamu dapat mengaktifkan dan menggunakan situs dan fitur yang tidak tersedia di negara kamu.

Misalnya, di Indonesia kamu sulit mengakses reddit.com karena diblokir. Dengan menggunakan VPN dan menggunakan proxy dari negara lain misalnya Singapore. Maka kamu dapat mengakses reddit.com dengan mudah.

3. Hanya kunjungi website yang alamatnya https

iPhone Mania - 6 Tips Keamanan Ketika Menggunakan Wifi Umum pada iPhone, iPad, atau Mac

Setiap situs yang berlamat HTTPS itu berbeda dengan HTTP, secara default yang beralamatkan HTTPS diamankan dan memiliki sambungan terenkripsi.

Untuk keperluan browsing dan membaca artikel di web, mengunjungi situs HTTP baik-baik saja tapi jika kamu berinteraksi di internet yang melibatkan data, uang. Hindari situs HTTP karena sangat rawan terjadi pencurian data.

4. Gunakan fitur 2 Factor Authentication

iPhone Mania - 6 Tips Keamanan Ketika Menggunakan Wifi Umum pada iPhone, iPad, atau Mac

Bila kamu mengaktifkan fitur 2 Factor Authentication untuk layanan, Kamu sekarang memerlukan dua hal sebelum masuk - sesuatu yang kamu ketahui (kata sandi ) dan sesuatu yang kamu miliki (satu kali kata sandi).

Sebaiknya aktifkan 2FA untuk semua layanan penting yang memiliki data pribadi atau perbankan - layanan Google, Facebook, iCloud, bank dan perdagangan dan sebagainya.

Jadi, bahkan jika seseorang mengetahui kata kunci kamu, mereka tidak dapat masuk ke akun Anda dengan kode akses 2FA yang masuk ke SMS atau akun yang dibuat menggunakan aplikasi Google Authenticator.

5. Matikan fitur konek Wifi otomatis


Demi kenyamanan pengguna, Apple telah mengemas fitur di mana selama Wi-Fi diaktifkan, kamera akan terus-menerus mencari dan terhubung secara otomatis ke jaringan Wi-Fi yang dikenal atau terbuka.

Saat kamu berada di rumah atau di kantor, itu adalah fitur yang hebat. Tapi kamu tidak ingin iPhone mu terhubung secara acak ke jaringan Wi-Fi hotel terbuka saat bepergian.

iPhone Mania - 6 Tips Keamanan Ketika Menggunakan Wifi Umum pada iPhone, iPad, atau Mac


Kamu harus menonaktifkan Wi-Fi kapan pun ketika tidak menggunakannya secara tegas. Jika iPhone mu telah terhubung ke Wi-Fi terbuka, ketuk ikon i dan pilih Lupakan Jaringan ini.

Selain itu, dari bagian Wi-Fi di Settings, aktifkan opsi Ask to Join Networks. Ini akan mencegah iPhone atau iPad mu terhubung secara otomatis ke jaringan terbuka.

Di Mac, Kamu akan menemukan opsi yang sama di System Preferences -> Network.

6. Beli paketan data sendiri


Sangat penting untuk memiliki paket data sendiri. Kamu dapat membeli paket data sesuai kebutuhan misalnya 1 bulan 10-15 GB.

Dengan begitu kamu tidak perlu mencari Wi-Fi yang tidak dikenal dan berpotensi berbahaya.

Tips dan Trik iPhone Lainnya




Suka artikel ini? Bagikan!

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan